Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Perawatan Rem Cakram Motor yang Perlu Diketahui!

 

3 Cara Perawatan Rem Cakram Motor yang Perlu Diketahui!

 

inukotovlog.com - Rem cakram motor menjadi salah satu komponen penting yang melengkapi kendaraan roda dua agar nyaman saat dikendarai. Tanpa adanya rem motor ini, akan sangat berbahaya saat dikendarai karena tidak bisa mengontrol laju kendaraan terutama saat jalanan menurun tajam atau saat melaju dengan kecepatan tinggi.

Oleh karena itu perawatan rem motor ini haruslah diperhatikan, jangan sampai rem rusak apalagi mengalami rem blong. Selain itu pemilihan rem juga akan berpengaruh pada cara perawatannya.

Pasalnya ada banyak jenis rem yang dapat dipasang pada roda kendaraan bermotor dua ini. Salah satunya adalah rem cakram dan tromol yang masih banyak digunakan. Berikut adalah uraian singkat tentang rem cakram motor.

Sekilas tentang Rem Motor

Sebelum memutuskan untuk memilih rem motor dengan tepat, ada baiknya Anda mengetahui seluk beluk tentang rem motor. Rem motor itu sendiri ada beragam jenis seperti rem cakram motor dan juga rem tromol. Lantas seperti apakah rem cakram motor dan juga rem tromol itu?

       Rem Cakram Motor

Rem cakram motor ini terdiri dari dua buah komponen yaitu rem dan cakram. Kenapa disebut dengan rem cakram karena sistem pengereman yang digunakan dengan cara dijepit.

Jadi rem ini berfungsi untuk menghentikan laju kendaraan. Dimana cara kerjanya akan dibantu oleh komponen cakram. Adapun cara kerjanya rem akan menjepit cakram untuk menghentikan laju kendaraan. Itulah mengapa rem jenis ini dinamakan dengan rem cakram.

       Rem Tromol

Selanjutnya ada rem tromol. Rem jenis ini memanfaatkan gesekan antara kampas dengan komponen yang berbentuk seperti mangkuk. Dimana arah gesekan saling menjauhi. Tromol yang terhubung pun diletakkan pada sisi luar dari kedua kampas rem.

 

Cara Kerja Rem Cakram Motor dan Rem Tromol

Setelah mengetahui apa itu rem cakram dan rem tromol setidaknya dapat memberikan sedikit gambaran tentang keduanya. Begitu pula dengan cara kerjanya.

Meski tujuannya sama yaitu menghentikan laju kendaraan, kedua jenis rem ini memiliki prinsip kerja yang berbeda dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Berikut adalah sistem kerja dari kedua jenis rem tersebut.

       Cara Kerja Rem Cakram Motor

Cara kerja rem cakram ini menggunakan sistem hidrolik yang mana sistem pengeremannya menggunakan mekanisme jepit. Ketika tuas ditekan kedua kampas rem akan bergerak mendekat dan menjepit piringan cakram.

Sistem kerja seperti ini juga tidak lepas dari komponen rem cakram yang memiliki fungsinya masing-masing seperti silinder input dan output. Dimana piston yang terdapat di silinder input yang terpasang pada tuas rem akan mendorong minyak rem di saluran hidrolik saat tuas ditekan.

Selanjutnya gaya tekan yang dihasilkan tuas akan menjadi lebih besar dengan adanya silinder output yang terpasang pada kaliper. Kaliper inilah yang akan menimbulkan gaya floating caliper atau yang menciptakan gaya yang memiliki arah berlawanan.

Piston yang menonjol keluar akan menekan kampas rem luar hingga menyentuh cakram, kemudian piston akan mendorong kaliper ke arah luar yang menyebabkan kampas bagian dalam juga tertekan dengan arah gaya keluar.

       Cara Kerja Rem Tromol

Berbeda dengan rem cakram, prinsip kerja dari Rem tromol ini adalah adanya gesekan pada tromol  sehingga mengubah energi putar atau kinetik menjadi energi panas. Temperatur akan meningkat disaat roda berhenti.

Adapun secara rinci cara kerja rem tromol ini adalah ketika batang penghubung ditarik, maka tuas akan memutar nok atau cam di sepatu rem. Nah, nantinya sepatu rem ini akan mengembang yang menyebabkan kanvas akan bergesekan dengan tromol. 

Rem tromol ini akan menghasilkan panas dari gesekan tatkala dipadukan dengan hub dan roda akan berhenti jika gesekan pada brake lining berkurang.

Mengenal Komponen Rem Cakram

Mengenal komponen rem cakram motor beserta fungsinya akan mempermudah Anda dalam melakukan perawatan, sehingga apa yang akan dilakukan pun tepat sasaran. Berikut ini adalah beberapa komponen rem cakram beserta fungsinya.

       Cakram

Cakram merupakan media yang akan bersentuhan langsung dengan kampas rem sehingga putaran roda dapat berhenti. Cakram ini juga termasuk komponen yang dapat dipasang dan dilepas kembali.

       Piston

Fungsi piston ini guna menekan kampas rem sehingga dapat menjepit cakram secara merata.

       Piston Seal

Fungsi komponen satu ini berguna untuk mencegah kebocoran minyak rem pada kaliper.

       Caliper

Kaliper berfungsi mengubah tekanan hidrolik menjadi energi gerak.

       Bracket Caliper

Berfungsi sebagai pegangan kaliper rem supaya tidak bergerak.

       Nipple Bleed

Nipple Bleed ini sendiri berfungsi untuk membuang udara yang ada didalam sistem hidrolik rem.

       Brake Pad

Brake pad atau yang dikenal dengan kampas rem ini merupakan komponen yang memberikan gaya gesek pada cakram.



Cara Merawat Rem Cakram Motor

Sebagaimana yang telah diungkapkan diatas, bahwa merawat rem cakram menjadi hal penting dalam keselamatan berkendara. Berikut adalah tips merawat rem cakram motor agar dapat berfungsi dengan baik.

1.  Ganti Minyak Rem dan Cek Secara Berkala

Penggantian minyak rem dan pengecekan secara berkala berguna untuk mengecek kondisi minyak rem ataupun kampas agar performa rem cakram tetap optimal. Setidaknya dua tahun sekali minyak rem harus diganti atau jika minyak sudah mengalami perubahan warna menjadi gelap sehingga mengurangi kualitas dari minyak rem itu sendiri.

2.  Bersihkan Kaliper

Perlu diketahui bahwa kondisi rem cakram bersifat terbuka sehingga mudah terkena kotoran maupun debu. Ini membuat kaliper mudah kotor dan akan mengurangi performa kinerjanya jika tidak dibersihkan.

Maka segera bersihkan kaliper jika dirasa rem terasa berat ketika ditekan atau Anda bisa mengganti seal master remnya bagian atas.

3.  Pastikan Kaliper dalam Kondisi Baik

Lakukan pemeriksaan kaliper secara rutin untuk memastikannya dalam kondisi baik. Hal yang dirasakan jika kaliper bermasalah adalah kerja handle rem menjadi berat dan kualitas pengereman berkurang.

Oleh sebab itulah Anda harus memperhatikan kondisi kaliper dengan baik demi keselamatan dan kenyamanan Anda dalam berkendara.

Jangan lupa juga untuk mengganti komponen dari rem cakram apabila dirasa kondisinya sudah tidak bagus lagi untuk digunakan. Seperti penggantian piringan cakram, kampas dan lainnya.

Nah, untuk mengetahui harga piringan cakram dan komponen lainnya Anda bisa mensurveinya di marketplace atau toko-toko offline terdekat. Anda bisa membandingkan harga satu dan lainnya hingga mendapat harga yang terjangkau dengan kualitas sama.


Itulah sedikit gambaran mengenai rem cakram motor, cara perawatannya, cara kerja dan juga komponen-komponen apa saja yang perlu diketahui. Semoga ulasan diatas mampu menambah wawasan Anda terkait cara perawatan rem cakram motor.