Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketahui Penyebab Oli Motor Bocor Demi Keamanan Berkendar

 

Ketahui Penyebab Oli Motor Bocor Demi Keamanan Berkendar

Inukotovlog.com - Oli merupakan bagian terpenting pada kendaraan motor yang harus menjadi perhatian Anda apabila Anda ingin motor Anda awet dan tidak gampang bermasalah. Namun ada kalanya terjadi permasalahan Oli motor bocor yang harus diketahui apa penyebabnya dan juga cara mengatasinya.

 

A. Penyebab Oli Motor Bocor

1.   Volume Berlebihan

Penyebab pertama dari Oli motor bocor adalah karena volumenya berlebihan. apabila volume oli motor sudah melebihi batas, maka oli dapat jadi merembes sampai keluar dan menyebabkan bocor.

Tidak cuma itu saja, And juga bisa melakukan pemeriksaan dengan menggunakan dipstick. Bagian ini, selain mempunyai kegunaan untuk penutup lubang pengisian oli, juga bisa digunakan untuk mengecek seberapa banyak oli motor di dalam.

Hal lain yang dapat dilihat dengan dipstik yaitu tingkat kekentalan oli motor. apabila kondisi oli terlihat sudah berwarna agak hitam pekat dan sudah sangat kental, maka Anda diharuskan untuk melakukan pergantian oli motor.

2.   Komponen As Aus

Komponen aus juga bisa menjadi penyebab oli motor bocor selanjutnya. Komponen yang aus ini juga kerap kali menjadi penyebab dari permasalahan oli netes di bawah mesin motor matic yang mana hal itu dikarenakan sudah habisnya periode pemakaian pada komponen as, yang membuat perannya jadi menurun.

Oleh sebab itulah tips dalam menanganinya adalah dengan menukar part yang terdapat masalah itu dengan part baru. Namun apabila tetap mau menggunakan part yang lama, maka Anda bisa coba menggunting letak pegas seal oli untuk membuat daya cengkramnya semakin maksimal lagi.

3.   Kerusakan di Bagian Karet Seal

Seal dibuat dengan bahan karet, apabila dipakai dengan waktu lama serta terus menerus tentu komponen ini akan menjadi getas, keras dan bila dibiarkan saja bisa menjadi retak atau rusak.

Seal bisa ditemukan pada beberapa bagian mesin, misalnya pada bagian klep, poros engkol, poros kickstarter, seal magnet serta pada beberapa parts lainnya.

Apabila pada bagian seal terdapat kerusakan, hal itu bisa membuat oli jadi bocor ke bagian luar mesin, bisa dilihat pada cairan hitam bekas oli yang bila bercampur dengan debu akan membuat kerak jadi basah serta lengket.

Apabila Anda mengalami hal itu maka perlu dilakukan penggantian seal baru, dan bila tidak ditangani bisa menyebabkan oli mesin jadi berkurang serta bisa merusak komponen lain pada bagian mesin motor Anda.

4. Kondisi Karter yang Rusak

Karter dalam mesin motor memiliki kegunaan untuk wadah menampung oli serta pelumas parts. Kondisi karter yang rusak dan juga retak dapat membuat oli motor bocor sebelah kiri yang mana penyebab permasalahan karter ini dapat dikarenakan adanya kecelakaan atau benturan mesin yang cukup parah.

5. Packing Mesin Motor Sudah Tua atau Bocor

Faktor kelima dari penyebab oli motor bocor adalah karena pengaruh dari packing mesin motor. Kebocoran oli motor dapat dikarenakan dari kebocoran yang terdapat di packing mesin pada motor tersebut.

Packing mesin motor yang bocor ini bisa dikarenakan karena sudah lamanya usia pemakaian. Selain usia pemakaian, hal lainnya bisa juga dikarenakan dari kondisi motor yang memang telah tua. Kedua hal tersebut pada akhirnya bisa menjadi penyebab terjadinya oli motor bocor.

Karena itu untuk solusinya Anda bisa dengan rutin melakukan pengecekan menyeluruh pada kondisi packing mesin pada kendaraan Anda.

 

B. Cara Mengatasi Oli Motor Bocor

Oli motor bocor memang bisa menjadi permasalahan yang serius apabila tidak ditangani dengan segera. Karena itu berikut beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi oli bocor sebelum harus ke bengkel:

1. Memeriksa Baut Motor

Cara mengatasi oli motor bocor dengan tidak melakukan bongkar mesin yang pertama adalah dengan melakukan pemeriksaan pada bautnya. Pastikan kalau baut tidak miring dan longgar karena dapat membuat kebocoran.

Anda bisa coba terlebih dahulu mengencangkan baut yang kendor. Baut yang miring dapat menjadikan ulir karter atau baut jadi terasa berat serta rusak. jika baut ternyata mengalami dol maka Anda harus melakukan penggantian.

Anda dapat menggunakan kunci torsi untuk mengencangkan baut motor karena jika tidak dilakukan, maka kunci torsi dapat menjadi kendor nantinya.

Belum lagi apabila mesin dalam kondisi panas akan bisa menjadikan baut jadi longgar. Oli dapat bocor dan kehabisan nantinya membuat mesin tidak terlumasi yang bisa membuat mesin mengalami keausan sedangkan apabila baut terlalu kencang terpasang dapat menjadi slek.

2. Menggunakan Sealant Oli Mesin

Oli motor bocor dapat diatasi menggunakan sealant oli. Sealant ini sendiri adalah cairan yang dapat membantu menutupi kebocoran dari dalam.

Kegunaan lainnya adalah dapat digunakan untuk kondisioner dengan begitu dapat mengembalikan segel serta paking pada bentuk semula. Cara menggunakannya juga cukup mudah hanya dengan mencampurkan sealant dengan oli mesin.

Walau mencampurnya dengan oli bahan ini tidak akan merusak kinerja mesin. Sealant oli juga dapat digunakan pada kebocoran ringan saja. Bentuknya yang cair tidak akan menyumbat parts motor.

3. Memakai Seal Tape

Oli yang bocor lewat lubang pembuangan oli mesin dapat diatasi menggunakan seal tape. umumnya seal tape digunakan pada bagian karet yang telah kering di karter.

Anda bisa memakai seal tape di ulir baut. jika bagian ring di baut pembuangan masih bagus maka Anda tidak harus menambahkan seal tape.

Di baut pembuangan oli mesin Anda bisa menemukan ring kecil. Ring tersebutlah yang berfungsi untuk memastikan oli agar tidak merembes. apabila ring sering dibuka tutup bisa membuat jadi gepeng dan oli dapat merembes.

Pemakaian seal tape tidak boleh terlalu sering karena bisa membuat lem packing jadi menebal. jika melewati batas drat dan terlalu kencang bisa menjadikan baut pembuangan gampang mengalami slek.

4. Memeriksa Ring Baut

Fungsi dari ring baut ini cukup penting. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya kalau ring dapat memastikan oli tidak merembes. apabila ring rusak atau hilang jelas akan membuat oli jadi rembes.

Karena itu Anda harus memastikan ring baut telah terpasang dengan pas dan benar. apabila ring telah menipis maka ada baiknya Anda membeli ring yang baru.

Peningkatan suhu drastis bersamaan dengan turun ke titik buku dapat membuat gasket jadi rusak. Mulanya oli yang merembes tidak banyak tetapi apabila dibiarkan akan dapat meningkat seiring waktu.

Itulah pembahasan mengenai penyebab oli motor bocor dan juga cara mengatasinya. Lakukan pemeriksaan secara berkala bisa mencegah permasalahan oli dan apabila kondisi sudah rusak, Anda bisa membawa motor Anda ke bengkel terpercaya.